Advokasi Pelatihan Kader Anti Narkoba 2014

Beberapa waktu lalu KomKep KWI mendapat undangan untuk mewakili unsur Gereja Katolik mengikuti kegiatan Pelatihan Kader Anti Narkoba. Ketika mendapat tawaran ini, aku menyediakan diri untuk ikut.

Sebenarnya, ketika membaca rundown acara, aku membayangkan bahwa nanti aku jadi hanya jadi peserta seminar dengan topik narkoba. Dan biasanya, putus setelah itu. Tapi, harapan BNN ternyata jauh lebih dalam. Selain diharapkan terpenuhi perwakilan dari segala unsur agama, para peserta nantinya juga diharapkan jadi perpanjangan tangan mereka dalam menyosialisasikan informasi pencegahan dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Aku jadi ingat waktu sekolah dulu, beberapa kali diadakan seminar sehari oleh petugas anti narkoba (lupa namanya) yang menjelaskan mulai dari definisi, jenis obat, dampak negatif, pengobatan dan seterusnya hingga penjelasan mengenai sanksi pidana yang diterima oleh penyalahguna narkoba.

Di kegiatan ini pun hampir sama. Ada penjelasa di awal mengenai definisi, pengelompokkan jenis obat, dampak perubahan, sanksi pidana ditambah data stastitik terkini dari segi usia maupun tingkat pendidikan. Yang berbeda kali ini aku mengikutinya bersama para penyuluh agama, dosen, guru dan aktivis anti narkoba.

Apa saja yang disampaikan di kegiatan ini? Aku akan sampaikan di tulisan berikutnya. Salam :)

Comments