Menjelang Akhir Tahun

tidak terasa, dalam hitungan beberapa hari, kita sudah berada di tahun 2012. apa yang sudah kita lakukan selama setahun kemarin ya??

menjelang akhir sekaligus awal tahun, ada baiknya kita mengevaluasi diri. aku pun demikian. evaluasi bukan berarti memikirkan banyak hal negatif yang sudah dilakukan, tapi perlu juga kita ingat-ingat segala hal baik yang pernah kita berikan untuk orang tua, temn, pasangan hidup, alam, dan diri sendiri tentunya. tidak ada yang tidak mungkin kita lakukan. karena manusia adalah makhluk sempurna di mata Tuhan. kita pun diberikan kuasa untuk mengelola apa yang kita lihat, kita rasa, kita sentuh dan kita miliki sekarang. semua itu menjadi faktor yang mempengaruhi sikap dan tindakan kita sehari-hari.

selama setahun kemarin, ada banyak hal positif dan negatif yang kulakukan. aku hendak membuang dan mengenyahkan semua yang negatif itu jauh-jauh di penghujung tahun ini. dan yang postif, akan kukembangkan sebaik mungkin di awal dan selama tahun depan nanti. sekalipun tidak bisa 100% menjadi anak baik, tapi aku berharap selalu bisa memberikan yang terbaik. minimal untuk diriku sendiri. karena penghargaan terbesar bagi diri sendiri menurutku bisa menjadi motivasi kuat untuk melanjutkan karya yang sudah (terlanjur) dilakukan. maka aku hendak memaafkan diriku untuk hal-hal bodoh yang sudah kulakukan selama setahun ini, karena aku hanya berpikir, sekalipun bodoh, ada sesuatu yang baik, walau aku tidak tahu.

aku bisa, kamu bisa, kita bisa. kita mampu menjadi yang terbaik. tahun ini pun kita sudah  baik. selalu baik. sama seperti tahun-tahun sebelumnya. karena kita lahir untuk sebuah kebaikan. tahun depan, kita juga harus dan selalu akan menjadi baik. karena aku yakin, selalu ada kebaikan yang kita buat setiap tahunnya untuk banyak hal, banyak orang. dan untuk menjelang akhir tahun nanti, kita pasti sudah menyiapkan hal-hal baik untuk semua hal, semua orang, termasuk diri sendiri dan resolusi. aku, kamu dan kita semua, sudah memikirkan hal-hal baik di awal tahun, mulai tanggal 1 nanti sampai menjelang akhir tahun berikutnya. betul kan, kita ini orang baik karena selalu memikirkan banyak hal yang baik-baik.

selamat menikmati hari-hari menjelang akhir tahun 2011
selamat berdag-dig-dug menunggu detik-detik menuju tahun 2012
selamat merencanakan hal-hal baik
selamat menikmati banyak kebaikan
selamat untuk kebaikan yang telah kita buat dengan baik di tahun yang baik ini




Comments