tanpa judul

aku terbangun dengan sinar yang mulai terik menyeka wajahku
segera kuberdiri menatap cermin mengusap mata dan menatap hening
keningku berkerut dan aku merasa sedikit cemberut
ini aku??

aku pun pergi ke kamar mandi untuk membasuh muka dan berkumur dengan pasta gigi
yah, sikat gigiku sudah rusak beberapa hari lalu dan aku belum sempat beli lagi
aku kembali ke kamar dan kembali menatap cermin
keningku sedikit mengembang
ini aku ya?

tanpa mandi, aku pun berganti pakaian, bersiap pergi
melakukan tugas yang sudah bertumpuk di meja ruang
dengan sedikit lunglai karena lelah seharian mengurus hajatan keluarga
kuputuskan untuk naik angkutan umum dengan cita-cita tidur di perjalanan
dan terlelap....

otakku sudah terbiasa untuk bangun ketika hampir sampai tempat tujuan
dan turunlah di terminal karena harus melanjutkan perjalanan dengan bis kopaja
kali ini aku tidak bisa tidur
selain karena padat dan asap rokok, rasanya tidak aman kalau terlelap dengan kondisi berdiri
maka terjagalah aku hingga saatnya aku turun di depan gang menuju kantor

kantorku?? bukan, kantor orang lain
aku bukan bagian dari pekerjanya
aku hanya pe-mbantu yang benar-benar membantu
tapi aku diberikan ucapan terima kasih setiap bulan dengan rupiah
meskipun kadang lupa dan aku mulai bosan meminta

aku pun membuka laptop kecil yang sudah sejak 4 tahun lalu menemani hari-hariku
aku mulai mengetik dan sesekali istirahat sejenak dengan membuka facebook, tweetdeck, atau browsing
mataku mulai lelah, hingga aku menggunakan kacamata dengan sedikit min ditambah silinder
ah, melelahkan harus menggantungnya di hidungku
tapi masih ada hal yang bisa disyukuri

sudah siang, dan kali ini aku tidak makan
hanya mengunyah apel yang ada di lemari es dan minum banyak air putih
memang sedang irit, tapi cenderung sedang program mengurangi makan demi badan yang sedikit lebih bugar
aku merasa gemuk sekarang
dan tidak ada waktu khusus untuk makan
semua selalu disambi mengetik

pekerjaanku tidak rumit tapi mungkin membosankan
tapi kenapa aku masih bertahan??
ya, karena ingin mbantu tadi
dan karena sebentar lagi akan ada acara besar di akhir tahun
dan semuakarena kebetulan aku masih mbantu di sana
bagaimanapun aku masih sanggup
dengan sedikit jenuh pastinya

sore pun menjelang
aku bersiap untuk kembali pulang
dan aku harus menaiki kendaraan yang sama ketika berangkat
termasuk kepadatan penumpang kopaja
tapi aku masih bisa tidur di angkutan umum sampai dekat rumah

sampai rumah pun aku tak bisa langsung tidur
laptop kembali kunyalakan untuk menghibur diri
browsing sana sini, chating sampai ngantuk
cek DM, mention, update status juga gak ketinggalan
sampai akhirnya aku lelah dan tertidur
ups...lagi-lagi lupa mandi, hanya basuh muka dan kumur pasta gigi =)

Comments

  1. postingan yang bagus tentang tanpa judul

    ReplyDelete
  2. Hi, mandi jelas bukan kebutuhan primer to? Setua ini pun aku begitu. Hehehe. Aku lupa apakah kita pernah saling bertemu? Rasanya dikau tidak asing. Btw thanks sudah berkunjung di blogku dan jadikan aku teman.

    ReplyDelete
  3. hihihi....setuju sekali mba....mandi ya sesuai kebutuhan aja kali yaa...hehehe....rasanya kita belum pernah bertemu 4 mata...ciee...tapi namamu sering kudengar Mba...karena aku pun masih menjadi anggota milis invinity.. =)

    aku lalu searching-searching nama Mba, dan nemu blognya..seneng baca cerita perjalanannya...hehehehe...

    mungkin Mba Yuli juga pernah kenal sama Liest Pranowo? aktivis Buruh dari Keuskupan Bogor?? =)

    Salam dari Bandung...

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting this blog. Please leave your comment here, regards.