My New Lovepreneur

Aku punya cita-cita, memiliki usaha atau bisnis di bidang jasa. Jasa yang masih kuminati adalah jasa sekretaris. Jasa sekrtaris itu, misalnya menjadi sekretaris kontrak untuk masa tertentu. Mulai dari (min.) 5 jam sampai 6 bulan. Setelah habis masa kontrak, bila memang masih dibutuhkan, ya harus kontrak lagi sesuai tambahan waktu yang memang diperlukan. Jobdesk yang berlaku adalah sama dengan jobdesk sekretaris pada umumnya dengan permintaan khusus bila memang diperlukan.

Selain sekretaris dengan jobdesk yang ketat, aku juga bisa melayani khusus untuk notulensi pertemuan, workshop, rapat, dll. Menjadi notulen ini beda lagi jobdesknya. Aku hanya mencatat risalah dari pertemuan atau rapat yang diadakan. Ada dua metode yang biasa aku gunakan. Pointers atau verbatim. Semuanya tergantung permintaan klien. Selama hampir 6 tahun menekuni kegiatan ini, notulen yang sering aku gunakan adalah metode verbatim. Karena klien ingin membaca semua yang dikatakan oleh peserta rapat. Biasanya hal itu untuk melihat partisipasi dari peserta rapat, pertemuan, dll.

Kedua jasa itu berkaitan dengan tulis menulis. Tapi, aku juga ingin mengampu jasa di bidang dokumentasi. Karena kuliah di jurusan Jurnalistik, aku sempat belajar pengantar penggunaan kamera foto dan kamera video. Dua-duanya aku suka karena memang menarik dan menuntut kreativitas pengguna. Melihat banyaknya perkembangan jasa foto dan video, aku pun tertantang untuk memberikan pelayanan di bidang tersebut. Diawali dengan banyak teman-teman yang minta tolong, dan dengan dana terbatas, akhirnya aku meberanikan diri untuk menjual jasa dokumentasi foto dan video untuk pernikahan.

Tidak hanya untuk acara pernikahan saja, kegiatan apapun bisa aku dokumentasikan. Semuanya tergantung permintaan klien. Aku pernah secara sosial membantu dokumentasi untuk sebuah LSM yang fokus terhadap anak-anak. Mereka butuh dokumentasi di lokasi tertentu dimana di lokasi tersebut akan diberikan bantuan. Terus terang, gambar lebih banyak bicara daripada harus mendengarkan kepala desa yang kadang melebih-lebihkan cerita.

Untuk acara yang lain, misalnya family gathering documentation, aku juga menerima permintaan seperti itu. Aku akan mengikuti keluarga ini pergi kemana pun dan mengabadikan segala aktivitasnya sebagai kenang-kenangan mereka. Mereka pun tidak perlu repot membawa alat sendiri Mereka bisa menikmati liburan mereka dan pulang dengan ratusan gambar indah. Begitu pula dengan acara pesta ulang tahun, dan perayaan yang lainnya. Banyak kegiatan yang membutuhkan tenaga dokumentasi. Dan aku menyediakan semua jasa itu untuk memudahkan para klien.

Ada foto dan video, berarti berkaitan dengan desain grafis. Ya, jasa itu juga aku berikan untuk teman-teman dan para klien yang membutuhkan masukan, saran, ide untuk misalnya, membuat kartu undangan, desain untuk merchandise, editing foto, editing media untuk iklan, sampai layout untuk newsletter atau media sejenis. Karena pengalaman membuat newsletter baik sosial maupun komersial, aku berani menjual jasaku untuk kepentingan yang satu ini. Semua hal yang berkaitan dengan desain sampai urusan percetakan, aku berani layani dengan baik.

Dari semuanya itu, yang paling aku tunggu adalah menjual jasaku untuk menjadi event organizer di sebuah acara. Pengalaman menjadi seksi acara di beberapa kepanitiaan, memang selama ini kurang diperhatikan oleh banyak orang. Tapi, nyatanya, aku sungguh-sungguh berani melakukannya. EO yang aku tekuni tidak hanya untuk acara-acara formal seperti rapat, pertemuan, workshop, pameran, bahkan pernikahan. Aku mau menemani siapa saja yang ingin menjelajah tempat-tempat wisata, secara kelompok maupun perorangan. Ke mana saja. Dalam dan luar negeri. Aku akan membantu mengurus mulai dari rencana perjalanan hingga rencana keuangan. Ini perlu, supaya para wisatawan/wati yang berlibur bisa tetap menikmati semua hal dengan budget serendah-rendahnya. Asik sekali menekuni bidang ini.

Untuk segala hal di atas, akhirnya aku dan temanku bertekad membentuk sebuah usaha yang belum berlabel PT atau CV, karena masih proses pengembangan. Aku dan temanku memberi nama LIMA Project yang memang fokus pada Fotografi dan Desain Grafis. Tapi, tentu ada servis lainnya seperti yang sudah kusebutkan sebelumnya. Dan setelah memiliki sampingan di bidang jasa fotografi sebelumnya, aku berani mempromosikan usahaku sendiri. Bisnis ini memang masih baru, tapi pengalamanku dan temanku yang terlibat di dalamnya bukan hal yang baru.

Beberapa foto sudah diposting oleh fotografer LIMA Project di sini.

Bila ada teman-teman ingin mengetahui servis dan tarif, silahkan kirim email ke sini.




Fotografi dan Desain Grafis
lima.project11@gmail.com
081585235664
08158345943

Comments