cerita dari madrid

foto kiriman dari seorang Romo yang sedang berada di Madrid, mengikuti perayaan Hari Orang Muda se-dunia.

di tengah sorak sorai peserta World Youth Day (WYD) 2011, para pendemo tak hentihentinya menyoraki mereka dengan kalimat provokasi. Para peserta WYD pun diwantiwanti oleh para volunteer untuk tidak terpancing emosinya.

mereka menyebut dirinya sebagai kelompok anti Paus. Paus adalah jabatan tertinggi di Gereja Katolik berbasis negara Roma. kejadian tersebut sempat membuat para peserta cemas karena ada rencana kedatangan Paus ke lokasi satu hari lagi.

kami di Indonesia senantiasa berdoa agar tidak terjadi halhal yang parah yang menyulut emosi para peserta. setidaknya, banyak volunteer di sana yang berusaha membuat suasan menjadi lebih kondusif walaupun perubahannya sangatlah sedikit.

sampai hari ini polisi dikabarkan masih berjagajaga untuk halhal yang dikhawatirkan terjadi. WYD mengundang hampir 1000 partisipan dari berbagai negara. hampir semuanya adalah orang muda. itu berarti ada pula yang sudah om dan tante, meski jiwa mereka masih terbakar oleh semangat orang muda.

WYD akan berakhir pada hari minggu, 22 agustus 2011 waktu Madrid ditutup dengan misa dipimpin oleh Bapa Suci Paus Benediktus XVI.


Comments