penguatan jaringan kaum muda lintas agama

Follow up Training - Day #2

hari ini para peserta moderatisme mendengarkan sharing pengalaman sekaligus laporan kegiatan tindak lanjut dari pelatihan moderatisme yang telah dilaksanakan di jayapura, manokwari dan keerom. berdasarkan pengalaman mereka, para peserta menangkap, bahwa tetap perlu diadakannya perawatan atau after care kepada para alumni yang pernah menjadi peserta pelatihan. hal ini untuk mempertahankan perluasan jaringan yang sedang dibentuk, seperti PELITA (Pemuda Lintas Agama) dan JARILIMA (Jaringan Orang Muda Lintas Agama).

sharing dari jayapura dan manokwari tersebut dikuatkan dalam diskusi kelompok yang membahas kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang yang terdapat di papua dan papua barat. analisa ini biasa dikenal sebagai analisa SWOT (strange, weakness, oportunity, threat) dan mudah digunakan. selain itu, dalam pleno juga dibahas secara lanjut mengenai rencana strategis yang mungkin dilakukan di tanah papua dan papua barat sebagai bentuk tindak lanjut pertemuan ini.

berdasarkan sharing, diskusi kelompok dan pleno yang dilakukan, dibuatlah semacam pernyataan sikap dari para peserta yang hadir dengan topik peduli papua. meskipun belum pernah terjadi konflik massif berkaitan dengan agama, tapi keberagaman yang ada di papua tetap memiliki potensi munculnya konflik. oleh karenanya, pernyataan sikap yang dibuat akan didialog-kan bersama menteri agama, perwakilan mpr dan juga sharing di wahid institute, pada esok harinya.

tujuannya adalah mendapatkan respon dari unsur pemerintah dan lembaga masyarakat terkait perjuangan dan tindakan preventif yang tengah dilakukan oleh para peserta yang boleh disebut sebagai forum orang muda lintas agama.ami

 

Comments