wisata korea selatan: makanan korea yang pingin (wajib) dicoba

siapa yang gak kenal dengan Korea? salah satu kota pencetak boy and girlband ternama ini memang terkenal dari budaya, aktor/aktris dan juga kulinernya. bahan makanan korea pada umumnya adalah mie, tahu, sayuran, daging, jahe dan saus cabai. aku pernah diajak tante mencicipi kimchi. salah satu makanan korea ini terbuat dari sayuran, yang difermentasikan dengan bahan rempah seperti jahe, bawang putih, bawang bombay, dan bubuk cabai. tante bilang itu pedas...buatku?? hehehe.... "boleh nambah bubuk cabainya?" =) oya, katanya, kimchi harus ada saat sarapan, makan siang dan makan malam.

kalau aku punya kesempatan wisata korea selatan, ada 3 makanan korea yang bikin aku mabuk penasaran:

1. Naengmyeon
nama makanan korea yang satu ini terdengar sedikit lucu, susah pula nyebutnya. tapi, sebagai penyuka mie, aku harus makan mie korea ini. naengmyeon ini adalah mie tipis yang terbuat dari tepung buckwheat, dihidangkan dengan kuah tulang sapi, ditambah macam-macam bumbu-bumbu, sayuran, telur rebus, dan daging sapi. biasanya, kalau udah bertemu makanan berbentuk mie, berkuah dan ada dagingnya, aku akan minta, "ummm....cabenya bisa tambah lagi?" hehehhe.....tapi, jangan-jangan rasanya sudah pedas....jadi makin pingiiinn....sluurrrrppp....

source: koreanclick.com
2.Bibimbap
kalau disebut berulang-ulang, seperti bergumam, menggumamkan sebuah lagu...hehe... bibimbap adalah nasi yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, daging sapi, telur dan gochujang. kalau di jakarta, mungkin disebutnya ya nasi telur khas korea..hehe...untuk penyajian, biasanya bibimbap menggunakan piring batu panas. hmm...mungkin seperti menyajikan steak gitu, ya?? lagi-lagi yang bikin penasaran adalah rasa campuran bumbunya itu. dan, "apakah boleh minta cabe?" hihihi....

source: id.openrice.com
3. Jeongol
makanan korea yang satu ini juga wajib aku icip, karena sup tradisional korea yang terdiri dari sayuran dan makanan laut ini biasanya disajikan pedas. nah, ini pas banget dan sesuai dengan selera lidah. makanan laut yang bercampur dengan sayuran ditambah rasa yang spicy, ciri khas korea keliatan banget. wajibbb iciipp....hehehe...

source: chachasushi.com

Comments

  1. aku masih penasaran deh sama Jeongol...tapi kayaknya enak deh. BTW kamu lg ikut event di FB Korea Tourism Organization Indonesia saya doain semoga menang ya.. jangan lupa kunjungannya juga ke artikel saya http://sehat-untuksemua.blogspot.com/2012/03/3-makanan-yang-akan-dicoba-di-korea_29.html

    ReplyDelete
  2. hai rendy...thx for coming yaa
    hehe...nama jeongol itu lucu ya, bisa dikira ongol-ongol, penganan dari jawa.

    wah, ikutan juga ya?? baiklah semoga berhasil yaa... sukses selalu untuk blognya.. =)

    ReplyDelete
  3. wah kayaknya makanannya enak-enak tuh unnie :)
    hehehehe.

    ReplyDelete
  4. wahh...fasilitasnya bagus banget..semoga sukses bos..dan tetetap semangat

    ReplyDelete
  5. Saya Darmawan Saputra Mengucapkan Nice Info..!! Ternyata Blog Kamu Sangat Bagus (Perfect). Visit Back To: Onlyx-45.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Saya Darmawan Saputra Mengucapkan Nice Info..!! Ternyata Blog Kamu Sangat Bagus (Perfect). Visit Back To: Onlyx-45.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. mau coba naengmyeon ya? Kalo saran saya mending coba temennya naengmyeon aja, namanya jjamppong. Jjamppong itu mie kuah yg rasanya pedas dgn tambahan seafood. Pasti suka, saya juga kalo ke Korea, pasti mau cari itu, apalagi yg gratisan, terutama kalo menang lomba blog PEMILIHAN TOUCH KOREA TOUR PENGALAMAN TIM EVENT di facebook Korea Tourism Organization Indonesia dan twitter @KTOJAKARTA. hadiahnya gratis ke Korea selama 5 hari 4 malam, terus juga jumpa 2PM dan Miss A, sekalian bikin video bareng sama mereka ttg wisata Korea. Mungkin aja bisa makan bareng sama Miss A, hahaha..

    kunjungan dari CONNECTING TO THE WORLD, salam kenal ya..
    kalo berkenan, mohon kunjungan dan follow baliknya ya ke blog saya, thank you

    ReplyDelete
  8. Saya pernah makan beberapa makanan Korea seperti Kimchi, Bibimbab, Samgyetang, dll dan rasanya enak2 serta warnanya juga menarik loh, dan dari berita2 banyak dikasih tau klo ternyata banyak makanan Korea yg sangat sehat karena mereka jarang menggoreng makanan dan banyak bahan dari sayurnnya, saya juga sangat suka beberapa makanan Korea

    ReplyDelete
  9. Hi Jimmy...wah, gimana tuh rasanya?? makin penasaran deh..hehehe...iya, setahuku, makanan Korea itu banyak menggunakan sayur-sayuran...dan yang bikin tambah pinginnya lagi, warna dan rasanya yang katanya spicy bin pedes itu, hmmm....sepertinya nikmat...

    di jakarta, tempat makan makanan Korea recommended dimana ya? tahu gak?

    trims.

    ReplyDelete
  10. yang paling saya suka dari fanpage Korea Tourism Organization Indonesia ya karena banyak info pariwisatanya.makanya sampe sekarang saya update teyuuusss ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting this blog. Please leave your comment here, regards.