setengah hari hanya "panada"

akhir-akhir ini aku jarang sarapan nasi. paling hanya teh atau air putih 2-3 gelas. roti tawar, kalau pas kebetulan beli. choco crunch, itu punya adekku yang kecil, nanti dia pasti marah kalau aku ikutan makan. ya, karena gak biasa makan sereal, tetap saja aku ambil terlalu banyak untuk sarapan...hihihihi....

dan hari ini, kebetulan mama bikin panada. tau apa itu panada?

panada adalah salah satu kue khas dari manado selain klappertaart. panada ini nampaknya bawaan dari bangsa Portugis yang datang ke Minahasa beberapa abad yang lalu. dalam bahasa mereka, panada disebut empanada, yaitu isian makanan (ikan, dll) yang dibungkus roti.

sekilas, panada mirip dengan pastel. mungkin masih saudara sepupu. tapi jelas isinya beda dari pastel. aslinya, kue panada diisi ikan ckalang (ikan khas sulawesi) yang dibumbu panpis. bumbu panpis adalah ikan cakalang yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cae merah dan daun bawang. ikannya disuir kecil-kecil.

jadi, seperti yang kubilang, karena mama membuat panada hari ini, maka aku nyarap satu panada di pagi hari. untuk siangnya, aku sudah bawa 5 panada di plastik dan siap kumakan di kantor. =)

hmm..aku suka panada, pertama karena aku suka gurih asin pedasnya. padanan isi panada emang menarik. rasanya gurih, harum bawang, segar, sedikit pedas dan asin yang merata. ditambah saos sambal lebih enak lagi, menambah citarasa pedas si panada. aku makan 6 panada hari ini dan itu cukup mengenyangkan. cukup menahan lapar, yah, paling tidak sampai jam 6 sore nanti. =)

Comments