Internet = Intensitas Tanpa Macet

Bisa dibilang, aktivitasku saat ini lebih banyak bertatap muka dengan layar monitor laptop atau PC. Ngapain? Ya, emang kerjaannya ada di situ semua. Mulai dari update status facebook, ngecek mention di twitter, upload tulisan baru di website, kirim email, googling tempat menarik, download applikasi seru untuk meningkatkan produktivitas, curhat di blog, dan masih banyak lagi. Semuanya, ya pasti mengandalkan internet.

Dengan adanya internet, rasanya hidup XLangkah Lebih Maju. Bisa tahu ini itu, tanya ini dan itu. Selalu dapat referensi dari searching di Internet. Yang pasti, sekarang ini gak ada alasan untuk tidak tahu, karena semuanya (sebenarnya) tersedia di internet.

Jadi inget pertama kali beli modem yang harganya waktu itu masih di atas 500 ribuan, dan untuk anak kuliahan terasa banget mahalnya. Tapi aku niat banget sampe irit sana sini biar kesampean beli modem. Rasanya seneng banget punya modem sendiri, bisa ngenet di mana aja, ga perlu keluar masuk warnet (warung "ngenet") lagi.....haha...

Setelah jadi freelancer, yang juga dapet fasilitas meja, kursi, plus internet gratis di kantor, aktivitas dunia maya semakin menjadi. Semangat banget pergi ke kantor walaupun harus berhadapan dengan berlembar-lembar kertas dan bertumpuk-tumpuk buku untuk di-digitalisasi, selalu ada kesempatan untuk berselancar di dunia maya (fb, tw, blog, wp, yt, dll).

Mungkin aku terlalu memuja sosok yang namanya internet ini, ya. Tapi, jujur, dengan internetan, (terlalu) banyak jejaring sosial yang akhirnya mempertemukan aku dengan beberapa teman lama, juga memperkenalkan aku dengan teman baru. Kalau dulu, orang keluar rumah untuk mengunjungi rekan atau teman, sekarang mereka, termasuk aku setiap pagi menyapa lebih dari 200 temanku yang ada di manapun dengan satu sapaan, dan satu "klik" saja. Fasilitas surat elektronik atau email juga sangat membantuku menyelesaikan urusan deadline. Aku gak perlu ke kantor untuk memberikan print out tulisan, cukup attach file dan kirim ke redaktur, maka semuanya beres. Fitur chatting pun beragam, yang memudahkanku untuk berkomunikasi secara private pada setiap temanku.

Dari dunia maya jugalah aku bisa melebarkan sayap usaha dan bisnis yang sedang kukerjakan sekarang. Promo di sana, beriklan di sini, dan banyak hal lain yang bisa kulakukan untuk menyebarkan informasi tentang usahaku. Manfaat internet sungguh nyata, dan benar-benar membuatku XLangkah Lebih Maju dari biasanya, dan dari dulu kala.

Jadi ngebayangin, kalau tiba-tiba internet menghilang dari dunia ini, apa jadinya ya? Ah, kayanya gak mungkin deh, kecuali ada lagi yang bisa membuat orang-orang XLangkah Lebih Maju dari sekarang...haha... Internet, oh Internet... Bikin kita XLangkah Lebih Maju.

Comments