Pendakian dan Penanaman Massal - Papandayan

Beberapa hari yang lalu, ada teman memberikan informasi bahwa akan diadakan pendakian massal dan penanaman bibit pohon di Gunung Papandayan. Informasi yang kudapat, kegiatan yang diorganisir oleh PALABAJA (Pencinta Alam Jakarta Barat) ini akan dilaksanakan tanggal 9-11 Desember 2011.

Biayanya hanya Rp 150.000,-. Kenapa kukatakan 'hanya'? Karena dengan biaya segitu, sudah termasuk Transportasi PP (Jakarta-Papandayan-Jakarta), Akomodasi selama di Lokasi (tenda, matras), konsumsi, tiket masuk, asuransi, kaos, slayer, stiker, sertifikat, bibit pohon, dan dokumentasi selama kegiatan. Banyak kan?

Kira-kira, garis besar rencana kegiatannya seperti ini:

9 Des 
Partispan dari luar jakarta, jakarta dan sekitarnya, kumpul di Walet Hitam outdoor equipment Lenteng Agung depan IISP (masih konfirmasi) jam 6pm, menyesuaikan waktu pulang kerja masing-masing. Setelah lengkap, baru jalan menuju Garut. Sedangkan partisipan dari Bogor, Bandung dan sekitarnya bisa langsung ke Garut, ketemuan di shelter/pos awal pendakian Papandayan.

Semua partisipan berkumpul, registrasi ulang dan langsung istirahat di tenda yang sudah disiapkan.

10 Des
Masih memungkinkan bila ada partisipan yang baru datang pagi harinya. Setelah sarapan dan olahraga, partisipan diberi bibit pohon dan dibawa ke lokasi penanaman. Kira-kira jam 9 pagi, kita mulai trekking ke lokasi penanaman bibit yang dipandu oleh pemuda setempat.

Disarankan partisipan hanya membawa daypack berisi perlengkapan pribadi. Bagi yang membawa carrier, bisa ditaruh di tenda.

Selesai penanaman, kita melanjutkan perjalanan menuju puncak Papandayan. Jalannya santai aja kok, jadi buat para pemula, jangan takut bakal ditinggalin. Sore itu juga kita turun untuk ngecamp dan istirahat.

11. Des
Pemberian kenang-kenangan, foto bersama, pemberian sertifikat dan pulaaaannnggg.....

Kira-kira begitu rancangan gamblangnya, Aku memastikan ikut. Pasti bakal seru ketemu sama orang baru, dan melakukan perjalanan bersama, menikmati alam Papandayan walau habis berguncang. Mau ikuutt??? =)

Comments