Menjelang akhir bulan

"Kamu itu kok kalo mau pergi, bangun pagi, bantu mamak dulu kek," kata si emak pagi-pagi sebelom gw mandi.

"Yailah, kaya kemaren-maren gw gak mbantuin aja..yang nyuci baju seminggu kemaren sapa? gweh...," sahut gw sebel.

"Mamak baru pulang dari Jogja juga, udah ngerjain apa-apa sendiri, gak kasian apa??" si emak makin ngedumel.

"Lah, itu dua anak laki-laki yang lagi molor kenapa dah gak dibangunin, kan bisa dimintain tolong bantuin," makin naik otot leher gw.

eh, ga digubris pula... malah makin ngedumel

"Udah cari duit, masak, mberesin rumah, nyuci pula...kalo gak gitu, si kecil kasian terlantar...lama-lama mak ngekos aja dah," gerutu si emak.

"Ye, kaya anaknya cuma satu aja sih mak,..kayanya anaknya 4 dah..yang laen pada kemana yak?" pikir gw.

Selanjutnya, 'byarbyur...byarbyur..' aja buru-buru di kamar mandi, berhubung udah janjian sama kawan-kawan. Biasa, urusan bisnis pemula yang kadang di 'picingkan' sebelah mata sama keluarga. Ah, tapi apa guna ngotot sekarang, biar aja mereka lihat nanti hasilnya. Toh, kita orang gak minta modal sama mereka.

Besoknya,

"Wan, Yo, Pa, mamak berangkat dulu ya..," kedengaran tuh kalo pamit berangkat kerja. Tapi gw masih di kamar, baru kelar mandi dan, "kayanya gw gak denger ada nama gw disebut dah."

Nah, mulai ga enak dah ini situasi. Tapi, kaya anak kecil ah. Jadilah gw ikutan diem-diem aja.

Kesimpulan sementara sih, gak pernah ada niat tuh untuk nyelesein masalah. Boro-boro solusi, duduk bareng aja ga pernah. Susah ah.

Dan ini udah hari kedua, ceritanya lagi diem-dieman sama si emak.

Hidup itu emang penuh kejutan...dan ini salah satunya.... kalo gak terkejut juga gpp sih, wajar kok... ga heboh-heboh amat juga..... si amat aja ga heboh gitu.... apalagi gw.... jadi biasa aja ngadepin yang kaya begini. "Wah, berarti sering dong yak??" Yah, gitu deh...

Comments