air terjun pancur aji, sanggau, kalimantan barat

bulan oktober mendatang, aku akan bertandang ke daerah sanggau, di kalimantan barat. untuk pertama kalinya, aku akan bertemu dengan omk se-indonesia. namanya, indonesian youth day. kebetulan juga, aku adalah salah satu panitia nasional yang saat ini masih mengurus segala administrasi peserta yang mau ikut perayaan besar orang muda katolik itu. nah, sambil urus ini itu, aku pingin tahu, apa sih menariknya sanggau? ada gak ya tempat atau lokasi yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata?


hmm....aku menemukan salah satunya nih..namanya air terjun pancur aji. disebut demikian karena terletak di kawasan pancur aji. di kawasan ini terdapat tiga tingkat air terjun dari sungai-sungai di sekitarnya. ketinggian tiga air terjun di kawasan ini hanya sekitar empat sampai lima meter. namun derasnya air dari masing-masing ketinggiannya memberikan sensasi seakan menikmati indahnya air terjun niagara, air terjun besar di sungai niagara, kanada.

panjur aji menawarkan sensasi dinginnya air pegunungan. gemercik air dan suara alam kental terasa di sini. keaslian flora dan fauna di kawasan ini sangat dijaga. di sini, tidak sulit menemukan pohon tengkawang, rusa, orang-utan, dan berbagai jenis satwa liar yang dikandangkan dengan baik.

kawasan wisata pancur aji ini adalahs alah satu tempat wisata yang menjadi kebanggaan kabupaten sanggau. kawasan wisata pancur aji menawarkan wisata alam dengan kawasan hutan lindung yang banyak terdapat flora langka seperti Kayu Tengkawang, taman anggrek, Kebun binatang seperti orang utan, buaya, aneka burung termasuk burung enggang khas Kalimantan. pancur aji juga menawarkan wisata pesona air pegunungan seperti sungai Merobu, Engkuli, bayu, Kenian, Setapang, Mongan dan Sungai Mawang. Arus sungai yang cukup deras merupakan salah satu tantang yang menarik untuk dijelajahi. di sini terdapat beberpa lokasi wisata diantaranya keindahan alam, keaslian hutan yang menawarkan kesegaran alami. 

air  terjun pancur aji berjarak sekitar 6 km dari kota sanggau atau kurang lebih 3 km dari jalan raya menuju pontianak di sebelah barat kota sanggau dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit berkendara. untuk menuju kawasan wisata pancur aji di simpang jalan terpasang papan petunjuk lokasi tersebut. Jalan menuju kawasan ini cukup menantang dan berbukit-bukit. 

tiket masuk adalah Rp 2.500,00 untuk orang dewasa dan Rp 1.500,00 untuk anak-anak. sedangkan tiket parkir adalah Rp 2.500,00 untuk roda dua, dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda empat.

wah, punya tempat referensi untuk extend nih...udah jauh sampai sanggau, kalau gak mampir ke tempat wisata ini, rasanya kurang afdol..hehe...jadi, mesti nyiapin agenda untuk mampir ke air terjun pancur aji kalau saatnya tiba, oktober 2012. sanggau, i'm coming.... =)

Comments

  1. postingan yang bagus tentang air terjun pancur aji, sanggau, kalimantan barat

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting this blog. Please leave your comment here, regards.