oseng kacang panjang plus..plus...

pagi ini aku sudah bertekad membeli kacang panjang, cabe, bawang, dan beberapa bahan lainnya untuk memasak oseng kacang panjang plus...plus... plus apa ya? ada tempe, bakso dan petai. akhirnya aku belanja agak banyak, karena ternyata di dapur lagi kosong bumbu dapur..cabe aja nihil sodara-sodara...itu kan makanan wajib di rumah ini!!! dan belanjalah aku di warung bu jambri, langganan si mama. totalnya 57 ribu..banyak juga ya..hehe

selesai belanja, aku langsung pulang, karena aku sudah lapar. jadi, kusiapkanlah bahan-bahan untuk masak oseng kacang panjang versi sendiri (pedesnya).

bahan:
1 ikat kacang panjang dipotong panjang
7 siung bawang merah iris tipis
4 siung bawang putih iris tipis
3 cabai merah keriting iris serong
4 capai rawit merah iris serong
10 butir bakso iris jadi tiga
2 papan petai 
1/5 papan tempe diiris panjang
1 lembar daun jeruk
300 ml air putih
saos tiram, kecap, garam dan lada putih seukupnya (selera)
minyak goreng untuk menggoreng tempe dan menumis 

masak yuk:
1. goreng tempe hingaa kecokelatan, kemudian tiriskan. 
2. panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
3. masukkan kacang panjang, bakso dan petai, oseng sebentar, kemudian tambahan air, masak hingga kacang terlihat agak layu.
4. tambahkan tempe, cabai merah, cabai rawit, daun jeruk, saos tiram, kecap, garam dan lada putih, kemudian aduk hingga merata.
5. biarkan hingga kuah meresap.
6. hidangkan.

menu ini kubuat untuk dimakan (normalnya) 6 orang. tapi setelah aku makan, kayaknya tersisa untuk 3 orang aja deh...gimana dong? maaf ya...hehehe....oya, dan untuk yang tidak terlalu suka pedes, porsi cabai bisa dikurangi kok. kalo aku kan, cabai itu wajib terasa di lidah.... =)

selamat mencoba ya.. =)

Comments