tempat wisata di sanggau, kalimantan barat

aku pernah ke sanggau, kalimantan barat, tapi dalam rangka kerja, bukan berwisata. nah, oktober tahun 2012 mendatang, aku akan bertandang lagi ke sanggau, kalimantan barat. tetap sih dalam rangka kerja, tapi sepertinya aku akan punya waktu untuk berwisata. karena itu, aku mencari tempat-tempat wisata yang cukup dikenal di sanggau. 

ada tiga tempat wisata di sanggau yang pingin aku datangi, yaitu air terjun pancur aji, gunung tiong kandang dan keraton kerajaan tayan.

kawasan pancur aji merupakan salah satu kebanggaan kabupaten sanggau. di sana kita akan dimanja dengan keanekaragaman flora dan fauna yang dijaga dengan sangat baik. arus sungai yang cukup deras merupakan salah satu tantangan yang menarik untuk dijelajahi. air  terjun pancur aji berjarak sekitar 6 km dari kota sanggau atau kurang lebih 3 km dari jalan raya menuju pontianak di sebelah barat kota sanggau dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit berkendara. untuk menuju kawasan wisata pancur aji di simpang jalan terpasang papan petunjuk lokasi tersebut. Jalan menuju kawasan ini cukup menantang dan berbukit-bukit. 

tiket masuk adalah Rp 2.500,00 untuk orang dewasa dan Rp 1.500,00 untuk anak-anak. sedangkan tiket parkir adalah Rp 2.500,00 untuk roda dua, dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda empat.
GUNUNG Tiong Kandang terletak di Desa Temiang Mali dan Desa Tae Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau, Kalbar, yang dapat ditempuh melalui jalan darat, menggunakan Jalan Trans Kalimantan (Tayan Hilir ke arah Balai Batang Tarang).

Untuk menuju kawasan Gunung Tiong Kandang para wisatawan dapat mengunakan dua jalur, yaitu melalui Dusun Mangkit, Desa Temiang Mali dengan jarak 2.502 meter sampai ketengah-tengah (pedagi) Gunung Tiong Kandang. Atau melalui Dusun Mak Ijing, Desa Tea dengan jarak 2.855 meter sampailah ketengah-tengah (pedagi)  Gunung Tiong Kandang.
kerajaan tayan adalah sebuah kerajaan yang dimulai awal abad 15 atau sekitar tahun 1450. Pendiri kerajaan Tayan adalah putra Brawijaya dari kerajaan Majapahit yang bernama Gusti Likar/Lekar. Bersama dengan saudara-saudaranya, Gusti Likar meninggalkan kerajaan Tanjungpura yang sering terlibat peperangan. sampai saat ini, bangunan bersejarah ini masih bertahan dalam kondisi aslinya dan terawat dengan cukup baik. beberapa benda bersejarah yang terdapat di dalamnya antara lain meriam, keris, busana kerajaan, dan sajadah sembahyang raja. istana ini dapat ditemui di tayan, 70 km dari sanggau dekat dengan sungai kapuas.  


nah, itu tiga tempat yang hmmm....mesti bisa aku sambangi nanti ketika aku sampai sanggau. mau ikutan? acaranya sudah semakin dekat nih, kembali kerja mengurus admnistrasi peserta...sampai jumpa sanggau =)

Comments

  1. indah sekali kawasan wisata pancur aji ini.

    ReplyDelete
  2. berangkatnya mesti rame² nih

    ReplyDelete
  3. harus rame-rame, sendiri mana enak? =) makasih ya udah mampir... salam kenal semua... =)

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting this blog. Please leave your comment here, regards.