wisata gunung tiong kandang, sanggau, kalimantan barat

ternyata, selain air terjun pancur aji, di kabupaten sanggau juga ada objek wisata gunung tiong kandang. 

Tiong Kandang merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Sanggau. Wisata ini terletak di Dusun Mangkit dan Dusun Mak Ijing dengan jarak 83 kilometer dari Kota Sanggau. Hutan pegunungan yang masih alami ini menjadi daya tarik pengunjung.
 
GUNUNG Tiong Kandang terletak di Desa Temiang Mali dan Desa Tae Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau, Kalbar, yang dapat ditempuh melalui jalan darat, menggunakan Jalan Trans Kalimantan (Tayan Hilir ke arah Balai Batang Tarang).

Untuk menuju kawasan Gunung Tiong Kandang para wisatawan dapat mengunakan dua jalur, yaitu melalui Dusun Mangkit, Desa Temiang Mali dengan jarak 2.502 meter sampai ketengah-tengah (pedagi) Gunung Tiong Kandang. Atau melalui Dusun Mak Ijing, Desa Tea dengan jarak 2.855 meter sampailah ketengah-tengah (pedagi)  Gunung Tiong Kandang.

Sesampainya di pedagi Gunung Tiong Kandang baik melalui Dusun Mangkit maupun Dusun Mak Ijing, kita akan beristirahat sejenak guna melanjutkan perjalanan kepuncak gunung. Pedagi adalah sebutan bagi masyarakat Mangkit dan masyarkat sekitar gunung, yang artinya ditengah-tengah gunung. Di pedagi ini pula masyarakat di Dusun Mangkit selalu melakukan acara ritual adat. Selain memiliki panorama yang indah, gunung yang bewarna kebiru-biruan ini jika dilihat dari kejauhan, memiliki flora dan fauna yang masih alami dengan tumbuh-tumbuhan beraneka ragam corak warnanya. Binatang yang hidup dihutan ini aman dari perburuan, begitu juga dengan penebangan hutan. Semua ini sudah komitmen masyarakat di kaki gunung untuk tidak merusak ekosistem yang ada. Jika ada yang berani melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan masyarakat maka akan mendapat hukum adat dengan tegas.

Keistimewaan dari objek wisata ini, para pengunjung dapat menyaksikan Batu Kulintang dan Batu Pengasih. Dinamakan Batu Kulintang karena keberadaan batu ini bersusun berderet seperti susunan kulintang. Sedangkan Batu Pengasih adalah batu yang terletak di puncak gunung Tiong Kandang. Dari batu pengasih ini para pengujung dapat memandang keindahan alam yang ada disekitar gunung.
Selain itu pula para pengunjung dapat menyaksikan objek wisata Air Terjun Kajang dan Air Terjun Nosok. Air Terjun Kajang terletak di sebelah utara dusun Mangkit dan mempunyai tiga tingkatan, air terjun ini pula yang digunakan masyarakat sekitar sebagai sumber air minum dan sebagai irigasi pertanian. Air Terjun Nosok terletak di sebelah selatan dusun Mangkit dengan ketinggian kurang lebih 6 meter.

Nama gunung Tiong kadang ini berdasarkan legeda yaitu seekor Burung Tiong yang berada dalam kandang (sangkar) kemudian tersangkut di atas tunggul kayu. Burung Tiong ini mengumpulkan sampah-sampah dari berbagai jenis sampah-sampah yang berada disekitarnya. Lama kelamaan tumpukan sampah menjadi tumpukan yang meninggi dan membesar menjadi sebuah gunung. Gunung tersebut akhirnya diberi nama Gunung Tiong Kandang.

wah, jadi punya pilihan lain untuk berwisata di sekitar sanggau. hmmm....gunung atau air terjun? kayaknya dua-duanya bisa deh....hehe... 

Comments