daya tarik pelabuhan ratu


rasa-rasanya aku tuh belum pernah main ke pelabuhan ratu. maka rasa ingin datang itu semakin menguat karena aku sedang ingin main ke pantai, tapi yang bisa dikunjungi satu hari saja, tidak perlu menginap. dan dibanding sawarna, ujung genteng, aku memilih pelabuhan ratu. kenapa ancol gak termasuk? yah, selain sudah pernah, jelas aku mending pilih pantai lain, lantaran di ancol gak bisa main pasir putih macam di pantai pada umumnya.
jadi, sebelum aku melancong ke sana (pelabuhan ratu), aku cari tahu dulu pertama-tama adalah bagaimana menuju ke sana. 

Pantai Palabuhanratu, atau lebih populer sebagai Pantai Pelabuhan Ratu, adalah sebuah tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi. Pantai ini dikenal memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Topografinya berupa perpaduan antara pantai yang curam dan landai, tebing karang terjal, hempasan ombak, dan hutan cagar alam. 

Daya tarik Pantai Pelabuhan Ratu ialah kondisi gelombang air lautnya cukup cocok bila digunakan untuk olahraga surfing, sebab ketinggian gelombangnya cukup stabil. Dengan kondisi air yang seperti itu, maka di pantai ini terdapat beberapa tempat surfing yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu Batu Guram, Karang Sari, Cimaja, Karang Haji, Indicator, Sunset Beach, Ombak Tujuh, dan Ujung Genteng. Beberapa tempat surfing tersebut ramai dikunjungi para wisatawan tepatnya pada bulan Mei hingga Oktober, saat kondisi ombak sedang tinggi.

Selain cocok sebagai tempat surfing, Pantai Pelabuhan Ratu juga menyuguhkan keindahan alam berupa batu-batu karang yang menjorok ke laut. Di atas batu karang ini, wisatawan dapat duduk-duduk sambil memancing atau sekedar melihat cipratan air laut yang menerjang bebatuan yang mirip dengan butiran mutiara. Dari atas batu karang itu, pelancong juga dapat melihat kapal-kapal nelayan yang sedang mencari ikan tampak dari kejauhan. Kapal-kapal itu terlihat kecil-kecil bagaikan perahu mainan anak-anak yang sedang terapung. 

Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan tempat pelelangan ikan (TPI) yang menjual berbagai macam ikan laut seperti cakalan, layur, cumi-cumi, bawal, udang, dan lain-lain dalam kondisi masih segar. Pelancong dapat membawa pulang ikan-ikan laut itu untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Bagi wisatawan yang ingin melihat langsung proses pendaratan kapal para nelayan dari melaut, dapat berkunjung ke tempat pelelangan ikan sekitar pukul 11.00—13.00 WIB. Pada jam-jam tersebut biasanya para nelayan sedang mendaratkan kapal-kapalnya.

pantai karang hawu
Jika pelancong ingin melanjutkan berwisata mengelilingi Kabupaten Sukabumi, terdapat obyek wisata lain yang tak kalah menarik, yaitu Pantai Karang Hawu yang terletak sekitar 20 km dari Pantai Pelabuhan Ratu.

Pantai ini konon merupakan lokasi istana Nyai Roro Kidul. Sekitar 17 km dari Pantai Palabuhanratu terdapat sumber air panas di Cisolok, yang airnya mengandung belerang yang tinggi dan berguna bagi kesehatan. 

untuk sampai di pelabuhan ratu, aku akan naik bis jurusan depok-sukabumi (rekomendasinya sih MGI) dan harus melanjutkan lagi dengan naik bus yang sama dengan jurusan sukabumi-pelabuhan ratu dari terminal sukabumi. katanya sih, bus ini banyak terlihat di luaran terminal. untuk ongkos, kira-kira depok-sukabumi itu 25-35 ribu (karena AC) dan sekitar 20 ribu untuk jurusan sukabumi-pelabuhan ratu. masuk ke pelabuhan ratu juga gak mahal, sekitar 3-5 ribu. harganya sih emang belum tahu pasti. tai dari postingan yang kudapat, karena itu harga tahun-tahun kemarin, jadi diperkirakan segitu biayanya. jadi kalau dikira-kira, untuk transport PP serta tarif masuk 140 ribu, ditambah angkot kecil-kecilnya dari dan menuju depok. untuk makan dan minum, ada rencana bawa atau masak sendiri. jadi, wisata pantainya masih ala gunung, karena bakal bawa kompor kupu dan nesting serta bahan makanan...hehehe...

sumber: tanjungsari ; wikipedia

Comments

  1. Hai, thanks sudah mampir di 'warung' ku. Salam kenal juga. Kalau ke Lampung lagi, kontaklah.

    ReplyDelete
  2. sama-sama Mba.... oke, pasti kukontak kalo edang main ke lampung lagi... =)

    ReplyDelete

Post a Comment

Thank you for visiting this blog. Please leave your comment here, regards.